MENDONGENG MAMPU MEMBENTUK KARAKTER ANAK

MENDONGENG MAMPU MEMBENTUK KARAKTER ANAK

MENDONGENG MAMPU MEMBENTUK KARAKTER ANAK
Saat ini mendongeng atau membacakan buku cerita bagi anak anak sepertinya sudah banyak ditinggalkan para orang tua. Dengan alasan tak memiliki banyak waktu, terlalu lelah atau sibuk akan pekerjaan hingga tak sempat lagi orang tua melakukan hal tersebut pada anak. Padahal menurut pakar dongeng berasal dari Yogyakarta Muhammad Aris Kusdianto mengatakan dongeng bermanfaat membentuk karakter anak sehingga harus terus dihidupkan terutama oleh kalangan orang tua.

“Saat ini, budaya dongeng dari orang tua kepada anak sudah mulai langka. Untuk itu, kami mengajak orang tua untuk menghidupkan kembali budaya mendongeng untuk memberikan kesan hangat di dalam keluarga,” katanya. Selain itu, mendongeng dapat meningkatkan kecerdasan anak sedangkan mendongeng secara rutin cukup efektif dalam mengakrabkan hubungan antara orang tua dengan anaknya.

Ia berharap, baik orang tua maupun guru tidak menyia-nyiakan manfaat dongeng untuk anak-anak. Melalui dongeng, anak bisa belajar kosakata baru, belajar untuk mengekspresikan perasaan, seperti senang, sedih, ataupun marah, serta menyerap nilai-nilai kebaikannya dan meningkatkan kreativitas maupun imajinasi anak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s